Penyebab dan Gejala TBC serta Jenisnya

Tuberkulosis adalah infeksi bakteri yang membunuh lebih dari 2 juta orang per tahun. Sebagian besar kematian ini terjadi di negara-negara berkembang. Bakteri yang biasanya menyebabkan tuberkulosis pada manusia adalah Mycobacterium tuberculosis.

Sekitar sepertiga dari penduduk dunia terinfeksi dengan tuberkulosis. Namun, paling tidak menunjukkan tanda-tanda penyakit. Dalam orang-orang ini, bakteri yang tidak aktif (laten) dan tidak dapat ditularkan kepada orang lain. Jika sistem kekebalan tubuh melemah, TBC dapat menjadi aktif dan menyebabkan penyakit.

Di seluruh dunia, tuberkulosis kedua human immunodeficiency virus (HIV) dalam penyebab kematian oleh penyakit menular antara orang dewasa. Negara-negara berkembang banyak menderita dual epidemi tuberkulosis dan HIV. Interaksi antara dua penyakit ini telah diberi label “Beracun sinergi” karena dampak epidemi setiap orang di daerah miskin yang sama di dunia, dan karena setiap memperburuk yang lain. Orang dengan HIV telah melemahkan sistem kekebalan tubuh, sehingga mereka lebih mungkin untuk memperoleh kasus baru TBC, atau untuk mengembangkan Reaktivasi laten penyakit. Orang-orang dengan tuberkulosis lebih mungkin untuk mati jika mereka bersama terinfeksi HIV.

Tuberkulosis biasanya mempengaruhi paru-paru. Tapi di hingga sepertiga dari orang-orang yang terinfeksi, khususnya dengan HIV/AIDS, penyakit juga melibatkan area lain dari tubuh. Situs umum infeksi meliputi kelenjar getah bening, selaput otak (meninges), sendi, ginjal dan membran yang meliputi organ pencernaan (peritoneum).

Tuberkulosis bakteri menyebar dari orang ke orang melalui udara. Bakteri di tetesan sekresi yang keluar dari mulut atau hidung Anda ketika Anda batuk atau bersin. Satu kali paparan seseorang dengan tuberkulosis ini tidak cenderung menyebabkan infeksi. Paparan berulang atau berkepanjangan biasanya diperlukan. Menyentuh seseorang dengan tuberkulosis atau berbagi peralatan nya tidak akan mengarah ke infeksi, karena bakteri menginfeksi paru-paru hanya ketika mereka yang terhirup ke paru-paru.

Tuberkulosis
Ketika terjadi infeksi, bakteri-diisi tetesan dihirup ke bagian terdalam paru-paru, dimana bakteri mereproduksi (meniru) dan menyebar melalui tubuh. Pada titik ini, sistem kekebalan tubuh biasanya dapat menjaga bakteri dari mereplikasi lagi, tetapi biasanya tidak menghancurkan mereka sepenuhnya. Penyakit biasanya tetap di negara ini tidak aktif atau tidak aktif untuk hidup. Orang dengan tuberkulosis aktif tidak memiliki gejala, dan tidak ada cara untuk memberitahu mereka telah terinfeksi kecuali tes kulit khusus.

TBC terjadi dalam berbagai bentuk:
TBC paru-paru yang utama – di sekitar 5% dari orang-orang, sistem kekebalan tubuh tidak bisa menghentikan infeksi TBC awal. Orang ini mengembangkan TB aktif dalam waktu satu tahun terhadap bakteri. Jenis TBC ini paling sering terjadi pada bayi dan anak-anak, terutama di negara-negara berkembang dengan tingkat tinggi malnutrisi dan penanganan medis yang buruk. Orang-orang dengan HIV dan penyakit lainnya yang menekan sistem kekebalan tubuh yang juga beresiko.

Postprimary (Reaktivasi) TBC paru-paru – sekitar 95% dari orang yang terinfeksi dengan tuberkulosis dapat menonaktifkan penyakit pada awalnya. Kebanyakan dari mereka tidak pernah mengembangkan penyakit aktif. Pada mereka yang melakukan, bakteri akhirnya mengatasi sistem kekebalan tubuh dan mulai meniru dan menyebar, biasanya di paru-paru. Bakteri mungkin menghancurkan area yang besar dari paru-paru, membentuk rongga yang penuh dengan bakteri dan sel-sel mati.

TBC paru-paru ekstra-tuberkulosis juga dapat menjadi aktif di bagian lain dari tubuh, apakah atau tidak paru-paru yang terlibat. Situs umum infeksi termasuk tulang, ginjal, kelenjar getah bening dan sistem saraf pusat. Disebarkan atau miliary tuberkulosis – TBC dapat menyebar melalui seluruh tubuh melalui aliran darah.

Sourch =>> http://bloggerjaim.tumblr.com/post/133389140152/obat-tbc-kelenjar-dari-kulit-manggis-dan-daun

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s